MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL ISLAM URANGGANTUNG SUKODONO LUMAJANG

  • Nur Fadila Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Lumajang, Indonesia
  • Nurhafid Ishari Institut Agama Islam Syarifuddin Lumajang, Lumajang, Indonesia
Keywords: menulis cerita, model pembelajaran word square

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh realita di lapangan yang menjelaskan bahwa
kurang optimalnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam
pembelajaran, penggunaan serta keterlibatan media yang kurang maksimal,
sehingga berdampak kepada keterampilan siswa dalam menulis, mayoritas siswa
melakukan aktivitasnya sendiri saat pembelajaran sedang berlangsung.
Berdasarkan dari dokumentasi nilai keterampilan menulis cerita siswa kelas V,
diperoleh data sebanyak 70% dari jumlah 21 siswa yang nilainya mencapai KKM.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan
danpeningkatan keterampilan menulis cerita melalui model pembelajaran Word
Square pada pelajaran bahasa indonesia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul
Islam Uranggantung Sukodono Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan dan peningkatan keterampilan menulis cerita melalui
model pembelaran Word Square pada pelajaran bahasa indonesia di Kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Uranggantung Sukodono Lumajang. Metode
penelitian yang digunakan metode PTK dengan subjek penelitian 21 siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi 4 tahap; Planning,
Acting, Observing, Reflecting . Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara,
observasi, dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran Word Square dapat dikategorikan baik. Hal ini terbukti dengan
perolehan observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan. Dari
hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpilkan bahwa dengan menerapkan
model pembelajaran word square dapat meningkatkan keterampilan siswa.

References

Dimyanti dan Mudjiono, (2010), Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta
Ghufron Nur dkk. (2012). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka
Belajar.
Henry Guntur Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Imas Kurniasih, dkk. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran.
Yogjakarta: Kata Pena.
Kunandar. (2010). Peningkatan Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Lexy J Moleong, (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.
M.Yunus, dkk. (2013). Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas terbuka.
Sugiono,( 2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno dan Muhyidin Albarobis. (2012). Pendidikan Islam Berbasis Poblem
Sosial. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta.
Syamsu Yusuf L.N.( 2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.
Bandung: Remaja Kosda Karya.
UU RI No. 20 Tahun (2003),Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:
Published
2020-06-06
Section
Articles