PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT) DAN JIGSAW TERHADAP MOTIVASI PADA MATERI SEJARAH LOKAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 STABAT

  • Renni Ramadhani Lubis STKIP AL MAKSUM
Keywords: model pembelajaran STAD (student teams achievement), model pembelajaran jigsaw, sejarah lokal

Abstract

Pengembangan Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement) dan
Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Motivasi Pada Siswa Kelas VII Di SMP
Negeri 5 Stabat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) interaksi antara
model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada
materi Sejarah Lokal, 2) perbedaan prestasi belajar IPS siswa yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement) dan Jigsaw, 3)
perbedaan prestasi belajar IPS siswa pada materi sejarah loakl yang mempunyai
motivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD
(Student Teams Achievement) dan Jigsaw, Penelitian dilakukan di SMP Negeri 5
Stabat kelas VII. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random
Sampling.Simpulan dari penelitian ini adalah 1) ada interaksi antara model
pembelajaran (sig 0,018<0,05), motivasi belajar (sig 0,015<0,05) serta interaksi
model dan motivasi (sig 0,03<0,05) 2) rata-rata prestasi belajar siswa IPS siswa
yang menggunakan model pembelajaran STAD (student teams achievement) lebih
tinggi dibandingkan dengan Jigsaw 86,20 >84,58.

References

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.Tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Dian. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya.
Djamarah. S. B, Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Herpratiwi. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran.Universitas Lampung: Bandar
Lampung.
Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. University Press. Surabaya.
Lubis. Renni Ramadhani. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pelajaran
Sains Di Kelas IV Min Sei Agul Medan TA 2013-2014. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Medan,
tanggal 19 Juli 2016.
Lubis. Renni Ramadhani. 2014.Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi
Berbasis Sejarah Lokal untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan
Stabat, tanggal 13 Februari 2020.
Riyanto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Guru,
Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan
Berkualita:Jakarta. Penerbit kencana Prenada Media Group.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme
Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Schunk. Dale. H. 2012. Learning Theories: An Educational Perspectives, 6th
Edition. New York: Pearson Education Inc.
Slavin. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa
Media.
Published
2020-06-06
Section
Articles