STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA INSANI DALAM PENINGKATAN EXCELLENT SERVICE DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG LUMAJANG

  • Putri Kamilatul Rohmi Institute Agama Islam Syarifuddin Wonorejo, Lumajang, Indonesia
Keywords: Strategi, Pengembangan Sumber Daya Insani, Excellent service

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi pengembangan Sumber Daya
Insani (SDI) yang meliputi pelatihan dan pengembangan pegawai dalam
peningkatan excellent service di Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang. Teknik
pengumpulan data melalui tiga tahap yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari dua bagian yakni, data
primer dan sekunder. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
metode deskriptif dan divalidasi dengan menggunakan teknik triangulasi. Dari
hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan sumber daya insani
yang diimplementasikan oleh Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang terdiri dari
berbagai pelatihan dan pengembangan yang mana sangat berpengaruh terhadap
peningkatan excellent service.

References

Laksmi Riani, Asri. 2013. Manajemen SDM Masa Kini. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Barata, Atep Adya. Dasar-dasar pelayanan prima. Elex Media Komputindo,
2003.
Tjokroaminoto, Bintoro. 1984. Pengantar Administrasi Pembangunan. Jakarta:
LP3ES
Bungin, Burhan. 2007. Metodologi Penelitian kualitatif. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Daryanto, dan Ismanto Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima.
Yogyakarta: Gava Media.
Goleman, Daniel. 2000. Emotional Inteeligence (Kecerdasan Emosional). Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama
Reza, Lody, Findia dan Husnul Khatimah. “Pengembangan Kualitas SDM pada
Bank Syariah dalam Perspektif Syariah : Studi Kasus PT. BPRS Harta Insan
Karimah Bekasi.” Maslahah, 2, 2 (Agustus 2011).
Garibaldi, Ganjar. “Strategi MSDM Dalam Mencapai Keunggulan Bersaing.”
Bina Ekonomi 10, no. 1 (Januari 2006): 1–120.
Umar, Husein. 2001. Strategic Management in Action. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama.
Ikatan Bankir Indonesia (IBI) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP).
2014. Mengelola Bank Syariah. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
Infobanknews.com. “tantangan perbankan syariah di 2016.” Diakses 25
November 2016. http://infobanknews.com.
Nawawi, Ismail. 2011. Perbankan Syariah (Issu-issu Fiqh Muamalah
Pengkayaan Teori Menuju Praktik). Surabaya: Vivpress,
Salusu, J. 1996. Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan
Organisasi Non-profit. Jakarta: PT Gramedia.
Koenjaraningrat. 1979. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru
Satlita, Lena. “Pelayanan Prima Untuk Membangun Loyalitas Pelanggan.” Jurnal
Universitas Yogyakarta 3, no. 2 (Agustus 2003): 140–49.
J. Moleong, Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya
Poltak Sinambela, Lijan. 2012. Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Graha Ilmu
Meldana. 2009. Manajemen Sumber daya insani Perspektif Integratif. Malang:
UIN-Malang Press
Muhammad. 2011. Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Teguh,Muhammad. 2005. Metodologi Penelitian Ekonomi ; Teori dan Aplikasi.
Jakarta: Raja Grafindo.
Mulyana,Mumuh. “Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Ritel Dalam
Meningkatkan Kinerja Perusahaan.” Jurnal Ilmiah Ranggagading 10, no. 2
(Oktober 2010): 164–70.
Wayne Mondy, R. 2008. Manajemen SDM. Jakarta: Erlangga.
M. Grant, Robert. 1999. Analisis Strategi Kontemporer (Konsep, Teknik,
Aplikasi). Jakarta: Erlangga
Anggelina, Ria dan Oey Hannes. “Sistem dan Prosedur Pelatihan dan
Pengembangan terhadap Karyawan BCA.” Jurnal Ekonomi 20, no. 02 (Juli
2015): 228–45.
Samsudin, Sadili. 2009. Manajemen Sumber Daya Insani,. Bandung: CV. Pustaka
Setia
Hendrawan, Sanerya. Indraswari, dan Silvya Yazid. 2012. Pengembangan Human
Capital. Yogyakarta: graha ilmu.
Budi cantika Yuli, Sri. “Kualitas Layanan bagi Nasabah Di PT Bank Syariah
Mandiri Cabang Malang.” Jurnal HUmanity 7, no. 2 (Juli 2012): 83–97.
Melati Achlam, Steffi, Nasir Widha Setyanto, dan Oke Oktavianty. “Analisis
Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas
Nasabah.” Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri 3, no. 1 (n.d.):
22–31.
Subana. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta
Swasono, Yudo dan Endang Sulistyaningsih. 1993. Pengembangan Sumber daya
insani. Jakarta: CV. Izulfa Gempita.
Sumber Internet
http://www.bi.go.id/perbankan/edukasi/
http://www.syariahmandiri.co.idMarketers.com/cara-bank-syariah-mandiribangun-
service-excellent/
https://www.syariahmandiri.co.id./category/penghargaan
http://bi.go.id./id/peraturan/kodifikasi/bank/Pages/1.3.4.5.
http://www.syariahmandiri.co.id/categori/info_perusahaan/profil_perusahaan
Published
2020-06-06
Section
Articles