Hubungan Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Oleh Guru Geografi pada Materi Bumi dan Jagad Raya dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Tahun Ajaran 2018/2019

  • Anisa Noverita, M.Pd STKIP AL Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Zulham Siregar, S.Pd, M.A STKIP AL Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar, Guru Geografi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi obyektif tentang (1) penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah tentang bumi dan tata surya materi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar (2) prestasi siswa tentang bumi dan materi tata surya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar (3) korelasi antara pembelajaran berbasis masalah strategi tentang materi tata surya dan tata surya dengan prestasi siswa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan metode studi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua sosial kesepuluh siswa kelas yang terdiri dari 133 siswa dan sampel adalah 53 siswa dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi tidak langsung dan komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data adalah kuesioner dan lembar wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah tentang tata surya dan tata surya materi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar adalah “sangat baik” dengan persentase 90,07%; (2) skor rata-rata prestasi siswa tentang materi tata surya dan tata surya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar adalah 78,58 dan dikategorikan sebagai "baik"; (3) ada hubungan yang signifikan dan positif antara strategi pembelajaran berbasis masalah tentang bumi dan materi tata surya dengan prestasi siswa siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar dan r adalah 0,7549 dan dikategorikan sebagai "kuat".

References

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Media Group.
Sudijono. (2010) Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.Sudjana, N. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosdakarya Bandung.
Sudjana. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.
Santyasa, I W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah disajikan dalam pelatihan bagi para guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK di Kecamatan Nusa Penida kabupaten Klungkung, 12-14 Januari 2009.
Published
2020-12-31
Section
Articles