STRATEGI PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI ERA COVID-19 Studi Pada Guru SMP Negeri I Bahorok Kabupaten Langkat

  • Kahar Mashuri, S.Sos.i, M.Si STKIP AL Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: Strategi, Guru, Covid-19

Abstract

Didalam  proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat, di mana pendidik memberikan keteladanan dan membangun kemauan peserta didik untuk berpartisipasi aktif, mengembangkan potensi, kreativitas dan kemandiriannya sesuai dengan bakat, minat serta perkembangan fisik dan psikologis. Akan tetapii disaat ini proses tersebut tidak lagi bisa dilakukan dengan baik seperti biasanya, semua itu disebabkan dunia sedang diguncang dengan adanya virus corona atau yang sekarang disebut dengan Covid- 19 (Corona Virus Desease), Negara Indonesia pun tak luput dari paparan Covid-19. Bahkan Indonesia menjadi negara dengan jumlah akumulasi paparan Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara.  Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran daring guru sekolah menengah pertama di era covid-19 ( Studi kasus pada Guru SMP Negeri I Bahorok Kabupaten Langkat ). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah studi kasus melalui wawancara dengan analisis tematik pada 5 ( Lima ) guru SMP negeri 1 Bahorok Kabupaten Langkat dan beberapa orang tua murid yang sedang bersekolah di SMP Negeri I Bahorok Kabupaten Langkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum strategi pembelajaran daring guru SMP negeri 1 Bahorok Kabupaten Langkat adalah dengan mendatangi murid ke rumah-rumah untuk mengajari cara belajar melalui daring.

References

Abin Syamsuddin Makmun. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya offset.

Bilfaqih, Y & Qomarudin, M. N. (2015) Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring, Yogyakarta

Henry Aditia Rigianti, Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara, Univeritas PGRI Yogyakarta Indonesia.

Heriyanto, H. (2018). Thematic Aanalysis sebagai Metode Menganalisa Data Untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324.

Khan, B. H. (2005). Managing e-Learning Strategies: Design, Delivery, Implementation and Evaluation. USA: IdeaGroup Inc.

Nawawi, H. (2003). Manajemen SDM Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nabila Hilmy Zhafira SM, Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19.Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar.

Nur, A. M. (2011). Tugas Guru sebagai Pengembang Kurikulum. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry.

Rahadian, D. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Garut.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Syaharuddin, S. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19. Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19. Universitas Lambung Mangkurat.

Waryanto, N.H. (2006). Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Matematika, Vol. 2, No.1, Desember 2006: 10-23

Yin, R. (2003). Case Study Research : Design and Method. Open Journal of Social Sciences.

Published
2020-12-31
Section
Articles