Pengaruh Model Pembelajaran Guided Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Madrasah Aliyah Modern Darul Hikmah

  • Diah kesumawati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Guided Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah 32 siswa. Sampel penelitian dilakukan dengan total sampel. Nilai rata-rata post-test 79,66 dengan siswa yang mencapai nilai KKM ialah 25 siswa (78,1%) dan nilai standart deviasinya adalah 9,96, berdasarkan uraian di atas terdapat peningkatan antara nilai rata-rata pre-test dengan nilai rata-rata post-test dari 64,22 menjadi 79,66, yang pada saat pre-test hanya 1 orang yang berhasil mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) tetapi pada saat Post-test ada 25 siswa yang mencapai nilai KKM (78,1%) dari total keseluruhan siswa dan begitu pula pada nilai standart deviasi, saat pre-test 8,43 menjadi 9,96 pada saat post-test.Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 10,96 sedangkan nilai ttabel = 1,69 sehingga thitung > ttabel, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Guided Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan dikelas X Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan.

Diterbitkan
2020-12-12
Bagian
Articles