PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Nurul Hasanah STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Kiki Pratama Rajagukguk STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
  • Insyirah Shafa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: Problem Based Learning, Direct Instruction, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritisĀ  siswa pada pembelajaran tematik tema VII materi Gaya Magnet di SDN 056633 Kecamatan Gebang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan populasi terdiri dari 3 kelas paralel. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling, dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen I, VB eksperimen II, dan VC sebagai kontrol. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANACOVA) dengan bantuan aplikasi SPSS 23.00 for windows. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes uraian. Hasil analisis data diperoleh model problem based learning (masalah dari siswa) lebih baik dari model problem based learning (masalah dari guru) dan model direct instruction; (1) Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model PBL (siswa) memperoleh nilai rata-rata 88,20 lebih baik dari; (2) model PBL (guru) dengan rata-rata 77,20 dan; (3) pembelajaran dengan model direct instruction dengan rata-rata 70,60.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Direct Instruction, Kemampuan Berpikir Kritis.

Published
2020-12-12