Analisis Kebutuhan Peserta Didik dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk menstimulus Keterampilan Proses Sains

  • Rachmat Rizaldi Universitas Islam Sumatera Utara, Medan, Indonesia
Keywords: Analisis kebutuhan, perangkat pembelajaran, model inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains.

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan Perangkat pembelajaran Fisika berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk menstimulus
keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terfokus pada tahap Define. Pada tahap Define dilakukan
analisis kebutuhan (need assessment). Metode yang digunakan untuk melakukan need assessment adalah metode penelitian deskriptif. Tujuan khusus penelitian ini adalah menggali pendapat peserta didik tentang pembelajaran Fisika yang telah berlangsung di sekolah, meliputi pendapat peserta didik tentang pelajaran Fisika, perangkat pembelajaran yang digunakan hingga metode pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan hasil studi lapangan dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran fisika sulit dimengerti dengan persentase 83,33%, (2) peserta didik mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan proses sainsnya ketika melakukan percobaan/praktikum dengan persentase 86,66%, (3) peserta didik jarang melakukan percobaan untuk memecahkan permasalahan fisika dengan persentase 70%, (4) Peserta didik dalam pembelajaran dengan berkelompok dapat memahami pembelajaran fisika dengan baik dengan persentase 76,66% (5) peserta didik menganggap bahan ajar yang digunakan memiliki petunjuk yang jelas dengan persentase 56,66%, (6) peserta didik menganggap LKPD dan Handout yang digunakan menunjang pengetahuan dalam pembelajaran di sekolah dengan persentase 63,33%, (7) peserta didik menganggap LKPD dan Handout yang digunakan mudah dipahami dengan persentase 50%,(8) peserta didik menganggap LKPD dan Handout yang digunakan saat ini menarik dengan persentase 53,33%. Saran yang dikemukakan berdasarkan hasil studi lapangan adalah sangat urgen dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk menstimulus keterampilan proses sains peserta didik.

Published
2020-04-17