PEMBELAJARAN MEMBACA TERBIMBING DALAM MEMBANTU KESULITAN SISWA MEMBACA NYARING

  • Elfi Lailan Syamita Lubis STKIP Al Maksum Langkat
  • Renni Ramadhani Lubis STKIP Al Maksum Langkat
  • Sheila Andriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Al Maksum Langkat, Stabat, Indonesia
Keywords: membaca terbimbing, kesulitan siswa membaca nyaring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu kesulitan siswa membaca nyaring dengan menggunakan pembelajaran membaca terbimbing. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-C yang terdiri dari 3 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari. Instrument berupa tes keterampilan membaca nyaring meliputi ucapan, frasa, intonasi, tanda baca, membaca dengan terang dan jelas, penuh perasaan, ekspresi, tidak terbata-bata, memahami bahan bacaan, dan memiliki kecepatan mata dan suara: minimal tiga kata dalam 1 detik. Hasil dari pembelajaran membaca terbimbing menunjukkan bahwa siswa sudah menunjukkan kategori penilaian baik. Akan tetapi ketiga siswa tersebut masih perlu mendapatkan bimbingan.

Published
2020-04-18