PENINGKATAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING-ORGANIZINGREFLECTING- EXTENDING (CORE)

  • Ade Evi Fatimah STKIP Al Maksum Langkat
Keywords: Pembelajaran Connecting-Organizing-Reflecting-Extending (CORE), Pembelajaran Konvensional, dan Self-efficacy

Abstract

Self-efficacy merupakan suatu keyakinan atau kepercayaan diri individu yang masih perlu ditingkatkan dalam diri seorang siswa. Hal ini menjadi tugas seorang guru dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Connecting-Organizing-Reflecting-Extending (CORE) dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Bisnis dan Manajemen APIPSU Medan sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X-1 (kelas eksperimen) dan siswa kelas X-2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes angket Self efficacy siswa.
Analisis data Self efficacy siswa dilakukan dengan menggunakan Independent Sample t Test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa peningkatan Self
efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Connecting-Organizing- Reflecting-Extending (CORE) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh
pembelajaran Konvensional. Hal ini dapat dilihat dari selisih rata-rata data Self efficacy di kelas eksperimen dan kontrol yaitu sebesar 12,97%. Kemudian
berdasarkan hasil angket Self efficacy siswa menunjukkan bahwa siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan
model pembelajaran Connecting-Organizing-Reflecting-Extending (CORE).

Published
2020-04-17