PENGARUH INTERAKSI ANTARA PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING APPROACH DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA NEGERI 1 STABAT

  • Wina Mariana Parinduri STKIP Al Maksum Langkat
  • Titin Rahmayanti Rambe STKIP Al Maksum Langkat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; apakah interaksi pendekatan contextual teaching and learning approach dan minat berwirausaha berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa di sma negeri 1 stabat.penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain factorial 2x2.Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas terdiri dari kelas eksperimen dan kelas control yang ditentukan secara acak(random sampling).instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar berjumlah 30 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas,daya beda, tingkat kesukaran, dan angket berwirausaha sebanyak 32 butir yang telah valid dan reliable. Teknik analisis yang digunakan teknik analisis varians dua jalur (Two Ways Anova) dengan bantuan program SPSS16,0. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa: tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning approach dan minat berwirausaha terhadap hasil belajar kimia siswa, tidak signifikan karena >0,05. Hal ini memberi makna bahwa siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan kontekstual meskipun memiliki minat berwirausaha tinggi, maupun rendah belum tentu akan lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional.

Published
2021-04-30