Pengaruh Model Pembelajaran Guided Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Madrasah Aliyah Modern Darul Hikmah

  • Diah kesumawati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum
Keywords: Hasil Belajar, Biologi, Model Guided Teaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Guided Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di kelas X Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X dengan jumlah 32 siswa. Sampel penelitian dilakukan dengan total sampel. Nilai rata-rata post-test 79,66 dengan siswa yang mencapai nilai KKM ialah 25 siswa (78,1%) dan nilai standart deviasinya adalah 9,96, berdasarkan uraian di atas terdapat peningkatan antara nilai rata-rata pre-test dengan nilai rata-rata post-test dari 64,22 menjadi 79,66, yang pada saat pre-test hanya 1 orang yang berhasil mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) tetapi pada saat Post-test ada 25 siswa yang mencapai nilai KKM (78,1%) dari total keseluruhan siswa dan begitu pula pada nilai standart deviasi, saat pre-test 8,43 menjadi 9,96 pada saat post-test.Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 10,96 sedangkan nilai ttabel = 1,69 sehingga thitung > ttabel, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Guided Teaching terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan dikelas X Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Medan.

Published
2020-12-12